Rabu, 18 Mei 2011

struktur dasar dan sifat kimia protein

KEGIATAN BELAJAR I1
        Struktur dasar dan sifat kimia protein

                                                                                                                       
A.  Struktur dasar protein
Protein merupakan molekul yang besar yang terdiri dari unit-unit asam amino. Tiap-tiap asam amino mempunyai struktur molekul yang berbeda-beda, tetapi setiap asam amino mempunyai gugus amino (-NH2) dan gugusan karboksil (-COOH). Asam-asam amino ini mengadakan ikatan bersama antara satu dengan yang lainnya. Adapun struktur protein seperti terlihat pada gambar dibawah ini :

       NH2    O    H     H    O
        l          ll     l       l     ll
  R1-   C -       C -  N -  C -  C – OH
        l          _____     l
        H        ikatan       R2
                   peptida
Ikatan-ikatan peptida yang mengikat asam-asam amino dalam molekul protein merupakan ikatan primer, dimana terdapat satu gugusan asam amino bebas pada ujung yang satu dan satu gugusan karboksil pada ujung yang lain.

B.  Sifat kimia protein
Sifat dari protein berbeda-beda tergantung  pada jumlah dan jenis asam amino yang membangun molekul protein tersebut. Disamping itu tergantung pula pada struktur dan urutan asam amino yang terdapat dalam molekul protein.
Berdasarkan pasa besarnya molekul protein maka protein dalam air tidak berbentuk larutan murni, melainkan merupakan suatu dispersi koloidal molekul protein tidak dapat melalui membran semipermiabel, tetapi protein dapat menimbulkan tekanan osmosa, yaitu dapat menimbulkan suatu potensial pada membran semipermiabel.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar